Rabu, 22 Januari 2014

Pengertian Tentang Desain Grafis


tweet
Istilah Desain grafis itu sendiri berasal dari dua kata yaitu kata desain dan grafis. Desain dapat di artikan sebagai rancangan. sedangkan grafis merupakan titik atau garis atau garis yang membentuk suatu gambar. Jadi Desain grafis dapat diartikan sebagai rancangan gambar. Secara umum desain grafis merupakan suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar sebagi media untuk menyampaikan informasi atau pesan.
Pengertian Tentang Desain Grafis

Berikut merupakan beberapa pengertian desain grafis menurut para ahli.

Pengertian desain grafis menurut Blanchard adalah suatu seni yang komunikatif berhubungan dengan industri dan merupakan suatu proses dalam menghasilkan gambaran atau visualisasi pada segala permukaan media.
Menurut Jessica helfand, desain grafis merupakan perpaduan yang rumit atau kompleks dari angka dan grafik, kata dan gambar serta foto dan ilustrasi yang membutuhkan ide atau kreativitas dari seseorang yang bisa mengkombinasikan unsur tersebut, sehingga menghasilkan sesuatu yang berguna dan mudah di ingat.

Menurut suyanto, desain grafis merupakan penerapan keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan dunia industri dan bisnis. Penerapanya dapat meliputi periklanan dan penjualan produk, publikasi informasi, gambaran identitas suatu institusi dan lainnya.

Desain grafis merupakan cabang dari ilmu seni desain yang dulunya dikerjakan dengan tangan secara manual, namun dalam perkembangannya kini menggunakan peralatan modern seperti komputer.

Desain grafis tidak terlepas dari perancang grafis (graphics designer) yaitu seseorang dengan ide-ide keratif yang mampu menyampaikan suatu pesan dan menuangkannya dalam bentuk visual. Dalam perkembanganya, proses desain grafis yang di bantu komputer membutuhkan perangkat lunak aplikasi untuk menuangkan ide-ide tersebut. Diantarnya Adobe Photoshop, Coreldraw, Gimp, Inckscape, paint, Corel Photopaint dan masih banyak lainya.
Demikianlah tentang pengertian desain grafis. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar