TENTANG DESAIN GRAFIS
Jadi desain grafis adalah : merancang komunikasi dengan gambar (visual).
Pada saat ini jurusan yang mengajarkan disain grafis disebut dengan jurusan DESAIN KOMUNIKASI VISUAL.
TENTANG SENI RUPA
Seni rupa terbagi dalam beberapa disiplin:
= Seni Murni
TEORI WARNA - SUSUNAN WARNA
1. Warna Primair
Warna primair adalah warna asli yaitu Merah, Biru dan kuning
2. Warna Sekunder
Warna kedua setelah warna primair. Warna ini didapat dari pencampuran dua warna primair dengan perbandingan yang sama. Warna-warna tersebut yaitu Jingga, Hijau dan Ungu
3. Warna Tertier
Warna ini didapat jika ketiga warna primair dicampur dengan perbandingan yang sama. Warna yang terjadi adalah warna abu-abu tua
…
TEMPERATUR WARNA
HARMONI WARNA
1. Triad
Kiri-kanan dari dua buah warna komplimentari, yang menghasilkan empat buah warna.
7. Perfect Harmonie
…
SIMBOL WARNA
Putih
Dapat dilihat sebagai warna yang baik. Dalam pengertian oriental adalah warna pemakaman.
Warna ini didapat dari pencampuran warna kuning dan biru, merupakan warna yang paling berkesan istirahat, warna hijau sering diartikan dengan alam dan ketenangan.
Ungu, keadilan, keningratan, depresi, siksaan.
Biru Pucat, anak laki-laki.
Merah Dadu, anak perempuan.
Coklat, lembut, akrab, hangat.
Emas, royalty (kerajaan), kemewahan, kekuatan.
Perak, mewah, hi-tech.
Institut Kesenian Jakarta, dra. Tris Neddy Santo
Desain adalah
suatu proses kreasi dalam memecahkan suatu permasalahan dalam hal-hal
yang menyangkut perancangan suatu benda yang bersifat fungsionil maupun
estetis. Dalam arti kata, pengertian disain adalah akhir / solusi dari
suatu pemikiran yang kita hadapi dari permasalahan suatu rancangan yang
berkaitan dengan estetika.
Komposisi
desain adalah cara saat masalah elemen disain serta bagian-bagian dari
perangkat disain maupun komponennya digunakan dalam perancangan untuk
mencapai suatu pemecahan masalah disain.
Desain grafis berasal dari dua kata yaitu:- Desain - merancang
- Grafis - gambar
Jadi desain grafis adalah : merancang komunikasi dengan gambar (visual).
Pada saat ini jurusan yang mengajarkan disain grafis disebut dengan jurusan DESAIN KOMUNIKASI VISUAL.
Karena kaitannya yang erat dengan media visual / gambar, maka sebagai basic /
dasar seorang desainer grafis adalah kemampuan dalam bidang seni rupa.
Beberapa hal yang harus dikuasai dari bidang seni rupa adalah:
- Garis - Mengenal garis dan efek psikologisnya
- Bentuk - Mengenal bentuk 2 dimensi dan 3 dimensi
- Warna - Mengenal, mengerti dan memahami efek psikologi warna
- Nirmana - Melatih rangsangan estetik terhadap komposisi (2D & 3D)
- Ilustrasi - Menerjemahkan pesan ke dalam gambar
- Typography - Mengenal huruf dan kesan yang ditimbulkannya
- Fotografi
- Komputer grafis
- Dasar-dasar grafika & advertising
- Wawasan.
Beberapa
yang tersebut di atas adalah sedikit dari sekian banyak hal yang akan
sangat baik jika bisa dikuasai karena dapat membantu dalam proses
perancangan yang akan kita lakukan. Satu hal lain yang tidak kalah
pentingnya adalah wawasan, karena disain grafis akan bekerja lebih
banyak dengan konsep-konsep dan ide-ide kreatif.
…TENTANG SENI RUPA
Seni rupa terbagi dalam beberapa disiplin:
= Seni Murni
- seni Lukis
- seni Patung
- seni Grafis / Grafis Murni
- kriya Keramik
- kriya Kayu
- kriya Tekstil
- desain Interior
- desain Grafis / desain Komunikasi Visual
- desain Busana / tata Busana
- desain Produk
TEORI WARNA - SUSUNAN WARNA
1. Warna Primair
Warna primair adalah warna asli yaitu Merah, Biru dan kuning
2. Warna Sekunder
Warna kedua setelah warna primair. Warna ini didapat dari pencampuran dua warna primair dengan perbandingan yang sama. Warna-warna tersebut yaitu Jingga, Hijau dan Ungu
3. Warna Tertier
Susunan
warna ketiga yang didapat dari percampuran antara warna primair dengan
warna sekunder. Warna-warna tertier ini seperti : Hijau kekuningan
(yellow green), Hijau kebiruan (blue green), Ungu kebiruan (violet)
atau biasa disebut dengan nila / indigo , Ungu kemerahan (red purple),
Jingga kekuningan (yellow orange), jingga kemerahan (red orange /
vermillion)
4. Warna NetralWarna ini didapat jika ketiga warna primair dicampur dengan perbandingan yang sama. Warna yang terjadi adalah warna abu-abu tua
…
TEMPERATUR WARNA
- Yang disebut dengan warna hangat adalah warna-warna dari merah ke kuning. Warna dingin adalah warna dari ungu ke hijau.
- Hitam, Abu-abu dan Putih disebut juga achromatic, netral atau tak berwarna (colorless). Ini karena warna-warna tersebut merupakan dasar (basic) dari penaikkan atau penurunan value warna. Warna-warna tersebut dapat dipadankan dengan segala color harmonie.
Hitam
atau abu-abu tua sangat baik dicampurkan dengan warna-warna dingin,
sedangkan pencampuran dua warna komplementer akan menghasilkan warna
abu-abu yang hangat. Campuran dua warna komplementer tadi dengan warna
putih akan menghasilkan warna abu-abu yang dingin.
…HARMONI WARNA
1. Triad
Yaitu tiga warna yang merupakan segitiga dari roda warna. Harmonie warna triad yang terkenal adalah merah, biru dan kuning.
2. Monochromatic
Mono adalah satu, jadi warna harmoni ini monocycle-nya satu warna. Chrome adalah gelap dan terang. Hitam dan putih sering digunakan dalam pembuatan warna monochromatic.
3. Complimentary
Semua
warna mempunyai warna lawannya. Complimentary adalah dua warna yang
tidak mempunyai kesamaan atau saling berlawanan. Jika dua warna
komplementer dicampur dengan perbandingan yang sama akan menghasilkan
warna abu-abu yang netral. Harmoni warna complimentary sangat enak
dipandang dan bagus jika dipakai dalam jumlah yang kecil dan dipadankan
dengan warna lain. Jika menggunakan warna complimentary dalam keadaan
yang penuh maka akan terasa ada vibrasi dalam warna tersebut.
4. Analogous
Yaitu harmoni dari tiga warna dalam roda warna dengan sudut 90o Warna ini mempunyai persamaan suatu warna lain, karena masih dalam satu keluarga (terletak berdekatan dengan satu garis).
5. Split Complimentary
Satu warna dikombinasi dengan dua warna yang berdampingan kiri-kanan dengan komplementernya.
6. Double Split ComplimentaryKiri-kanan dari dua buah warna komplimentari, yang menghasilkan empat buah warna.
7. Perfect Harmonie
Kombinasi dari warna komplimen yang salah satu dari warna komplimentari tersebut mengikutsertakan warna-warna disekitarnya.
8. Contrast
Warna dasar yang diberi suatu kontras, misalnya : hitam-putih, coklat-putih, hijau-putih, hitam-merah dan lain-lain.
Di bawah ini adalah contoh warna yang digunakan pada sign system / perangkat grafis lingkungan (penunjuk arah)
…
SIMBOL WARNA
Putih
Dapat dilihat sebagai warna yang baik. Dalam pengertian oriental adalah warna pemakaman.
- Pengertian Positif : kemurnian, malaikat, perawat, kebersihan, pengantin, kesucian, salju, kapur.
- Pengertian Negatif : setan, makna steril, kematian dengan wajah pucat, gunung es.
Warna
hitam menyerap kecerahan dari beberapa warna, ini dapat diartikan
sebagai berkesan gelap / kabur daripada kesan transparan. Warna hitam
yang tepat adalah warna tanpa kehadiran beberapa warna atau cahaya.
- Pengertian Positif : malam, minyak oli, kekuatan, wibawa / resmi, baju hitam mungil / the little black dress.
- Pengertian Negatif : malam kelam, kematian, topeng hitam, hati yang hitam, black list / daftar hitam, blackmail, kucing hitam, perasaan takut, kaku.
Warna merah adalah warna yang mempunyai gelombang yang terpanjang serta merupakan hue yang paling panas.
Warna merah mengingatkan kita pada makna perhatian dan suatu rancangan.
Suatu objek yang berwarna merah akan terlihat lebih besar atau lebih
dekat dibandigkan dengan warna-warna sekitarnya.
Warna
merah merupakan penggabungan suatu unsur cahaya yang terang serta kuat,
juga warna yang terkesan dalam, warna ini telah digunakan dalam periode
sejarah sebagai warna Religious dalam beberapa peradaban bangsa. Kita selalu mengaitkan / mengasosiasikan warna merah dengan darah.
- Pengertian Positif : merangsang, kasih sayang, buah apel, kebangsawanan, karpet merah simbol sex, kemewahan, bunga mawar, jubah pendeta, palang merah, tanda bahaya.
- Pengertian Negatif : api, darah, pembunuhan, setan, pelacuran, berbahaya, perzinaan, revolusi, tanda berhenti / salah / dilarang.
Merupakan
warna tenang, didasari oleh warna alam, warna yang dapat digunakan
untuk membujuk. Biru juga kadang tidak disukai karena mudah berubah dari
makna yang berkesan positif menjadi makna yang berkesan negatif. Warna
biru juga merupakan warna terkuat kedua setelah warna merah.
- Pengertian Positif : langit, air, mata, dingin, konstan, kebenaran, santai, ketuhanan (heavenly), elegant, sophisticated (berselera tinggi), udara segar, muda, sportif, kekuatan, keyakinan.
- Pengertian Negatif : perasaan sunyi / blue mood, depresi, kesakitan, senin yang sunyi, kedinginan, blue film.
Warna
ini memberi pengertian terhadap suatu kekuatan, warna yang cerah,
kuning menunjukkan warna yang mempunyai kesan meluas dan warna yang
memberi semangat. Warna ini merupakan warna yang mempunyai tingkatan
refleksi yang tinggi dari semua warna, dan pada dasarnya bermakna riang /
girang.
- Pengertian Positif : matahari, keju, mentega, hangat, ketenangan, gembira, harapan.
- Pengertian Negatif : pengecut, penyakit, malu, sombong, cemburu / iri hati.
Warna ini didapat dari pencampuran warna kuning dan biru, merupakan warna yang paling berkesan istirahat, warna hijau sering diartikan dengan alam dan ketenangan.
- Pengertian Positif : rumput, pepohonan, musim semi, kesegaran, taman, selada, uang, kesuburan, santai, dingin.
- Pengertian Negatif : kesakitan, cemburu, ilmu sihir, kerusakan / kemunduran, acuh tak acuh.
Ungu, keadilan, keningratan, depresi, siksaan.
Biru Pucat, anak laki-laki.
Merah Dadu, anak perempuan.
Coklat, lembut, akrab, hangat.
Emas, royalty (kerajaan), kemewahan, kekuatan.
Perak, mewah, hi-tech.
Warna-warna Pastel, warna-warna yang melunakkan dan menghaluskan serta tidak mempunyai kekuatan psikologis.
disusun kembali dari diktat kuliah TEORI, ANALISA DAN PSIKOLOGI WARNAInstitut Kesenian Jakarta, dra. Tris Neddy Santo
. . . . . . . . . . . . .
Biru Tua : Perasaan yang dalam Sifat :
Biru hijau / Blue Green : Elastisitas keinginan Sifat :
Merah jingga / Vermillion : Kekuatan kemauan Sifat :
Kuning terang : Spontanitas eksentrik Sifat :
| Pengaruh :
Pengaruh :
Pengaruh :
Pengaruh :
|
. . . . . . . . . . . . .
Abu-abu :
BAUHAUS
Institut Kesenian Jakarta, Dra Tris Neddy Santo
Tidak menunjukkan arti yang jelas. Tidak terang dan sama sekali terbebas dari kecenderungan psikologis / cenderung netral.
Biru :
Biru
tua melambangkan ketenangan yang sempurna. Warna ini memiliki efek yang
menenangkan syaraf pusat, tekanan darah, denyut nadi, tarikan nafas.
Hijau :
Melambangkan
adanya suatu keinginan, ketabahan dan kekerasan hati. Mempunyai
kepribadian yang keras dan berkuasa. Warna ini mempunyai sifat
meningkatkan rasa bangga, perasaan lebih superior dari orang lain.
Memiliki sifat yang senang dipuji, senang menasehati orang lain.
Merah :
Melambangkan
kondisi fisik yang menguras tenaga, mendorong semakin cepatnya denyut
nadi, menaikkan tekanan darah dan mempercepat pernafasan. Warna ini juga
mempunyai daya dorong ke arah kerja aktif, memenangkan pertandingan,
perjuangan, persaingan, erotisme dan produktifitas.
Kuning :
Melambangkan
kegembiraan. Warna ini juga mempunyai sifat longgar dan santai, senang
menunda-nunda masalah tetapi memiliki cita-cita setinggi langit,
semangat yang tinggi, berubah-ubah tapi penuh harapan.
Ungu :
Melambangkan
sifat gempuran keras yang dilambangkan oleh warna biru. Perpaduan
antara keintiman dan erotis / menjurus kepada pengertian yang dalam dan
peka. Sifatnya sedikit kurang teliti tetapi selalu penuh dengan harapan.
Coklat :
Seringkali
menunjukkan cirri-ciri suka merebut, tidak suka memberi hati, kurang
toleran, pesimis terhadap kesejahteraan dan kebahagiaan masa depan.
Hitam :
Melambangkan
kehidupan yang terhenti dan karenanya memberi kesan kehampaan,
kematian, kegelapan, kebinasaan, kerusakan dan kepunahan.
Disusun kembali dari BUKU PINTAR seri SENIOR
…
MUNCULNYA PROFESI DESAINER
1845 : Berdiri The Swedish Society of Art and Craft, untuk menyatukan para industriawan dengan para seniman.
1886
: Willam Morris mendirikan Art and Craft Exibition Society di Inggris
dan menekankan bahwa desainer harus tahu proses produksi karyanya.
1907 : The German Craft Union didirikan. Prinsip perbaikan kualitas.
1919 : Pendirian Bauhaus dengan direktur Walter Gropius. Merupakan perpaduan sekolah kejuruan dengan seni rupa, konsep disainer industri yang pertama.
…BAUHAUS
1919 : Didirikan di Weimar dengan direktur Walter Gropius, seorang arsitek.
Tujuannya
untuk mendidik mahasiswa agar memiliki pengetahuan dan pengalaman
produksi. Seorang seniman modern dengan pengetahuan sains (tehnologi),
ekonomi dan ketrampilan berkarya. Staff pengajar terdiri dari para
seniman dan pengrajin ulung (master craftman).
1925 : Bauhaus dipindahkan ke Dessau
Staff
pengajar di sini sudah terdiri dari para alumni Bauhaus, sehingga
mahasiswa mendapatkan guru yang ahli teknis sekaligus seniman.
Di Dessau banyak dilakukan eksperimen dan penelitian benda-benda produksi massa, dan usaha memunculkan ciri khas mesin produksi.
1933
: Bauhaus ditutup oleh pemerintah Nazi Jerman. Seorang tenaga
pengajarnya, Moholy Nagy, mendirikan cabangnya di Chicago yaitu ‘ The
Institute of Design’ yang kemudian dilebur dalam Illinois Institue of
Technology.
Sumbangan penting dari Bauhaus :
- Penciptaan profesi baru yaitu profesi disainer industri / disainer produk.
- Mempengaruhi kurikulum sekolah seni rupa dan disain.
Institut Kesenian Jakarta, Dra Tris Neddy Santo
DESAINER DAN SENIMAN - analisa -
Dari penjelasan tentang profesi di atas dapat disimpulkan bahwa desainer bukanlah seorang seniman. Ini bisa dibuktikan dengan tiga hal, yaitu: dari sisi sejarah, profesi, dan karya.
Dari
sisi sejarah jelas sekali disebutkan bahwa profesi desainer tercipta
karena campur tangan para insinyur dan para seniman yang mengajar di
sekolah Bauhaus. Artinya profesi desainer baru terbentuk karena sebuah
kebutuhan yang kemudian diwujudkan oleh dua profesi lain yang memberi dasar-dasar keilmuannya.
Dari sisi profesi jelas sangat berbeda. Profesi seniman menuntut komitmen yang sangat besar terhadap pekerjaannya sehingga individu tersebut mandapat pengakuan
dari hasil kerja kerasnya yang dia lakukan atas komitmen diri pribadi,
bukan karena permintaan orang lain. contohnya Slamet Abdul Syukur
(komposer) yang berkomitmen dengan berkaryanya melalui sebuah kerja
keras yang dia ciptakan dengan pola yang mirip seperti orang bekerja di
kantor, dengan jam kerja yang tetap. Ini dilakukan tanpa ada campur
tangan orang lain yang memintanya melakukan hal tersebut. contoh lain
Sardono W Kusumo (tari) yang dengan kerja keras dan komitmennya
membuahkan hasil sebuah pengakuan dunia atas profesinya, sehingga dia
dianugerahi Doktor Honoris Kausa. Belum lagi nama besar seperti Walter
Spies, seorang pelukis berkebangsaan Belanda yang menetap di Bali dan
akhirnya memberi pengaruh sangat besar tehadap lukisan-lukisan di Bali
hingga saat ini. Hal ini seperti juga yang dilakukan oleh Arie Smith,
pelukis dari Amerika yang juga menetap di Bali dan akhirnya juga
mempengaruhi lukisan-luksan di Bali. Sementara desainer melakukan
pekerjaannya berdasarkan pesanan, seperti yang dilakukan oleh
Walter Landor sehingga dia sangat dikenal sebagai seorang desainer
handal yang menangani pembuatan Corporate Identity dari banyak maskapai
penerbangan internasional, Garuda Indonesia salah satunya.
Dilihat
dari karya jelas sekali bahwa karya seni murni tidak bisa ditingkahi
oleh keputusan-keputusan lain selain dari si senimannya sendiri.
Sementara karya desain harus melalui kompromi antara perancang sebagai konsultan dan klien sebagai pemesan karya. Satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah bahwa setiap karya desain memiliki nilai fungsi yang lebih dominan sementara karya seni memiliki nilai rasa yang lebih dominan.
ELEMEN DESAIN
GARIS - Penggunaan elemen garis yang dominan. Garis yang dipakai bisa berupa garis lurus, zig-zag, atau lengkung.
WARNA - Penggunaan warna tidak harus dengan banyak warna, bisa hanya dengan satu warna atau dengan warna turunannya.
BENTUK - Bentuk-bentuk
geometris dapat juga menjadi elemen desain yang menarik untuk
dipadukan. bisa dengan salah satu bentuk saja atau dengan menggabungkan
beberapa bentuk.
UKURAN / SIZE -
Yang dimaksud dengan ukuran adalah perbandingan antara satu elemen
dengan elemen yang lain yang membuat salah satu elemen menjadi dominan
karena ukurannya. Biasanya dengan bandingan ukuran yang lebih besar dari
yang lain.
|
TEKSTUR - Biasanya berupa emboss, dapat juga dengan tinta timbul / cetak tinggi.
TATA LETAK / LAY OUT / LOCATION - Menata elemen desain dengan cara yang khusus sehingga elemen tersebut jadi lebih menarik perhatian.
NADA - Nada biasanya berupa pengulangan elemen/repetitive. bisa berupa garis atau bentuk, umumnya dipakai sebagai border.
VARIASI - Paduan beberapa elemen dalam sebuah rancangan.
|
UNSUR POKOK PENUNJANG PROSES DESAIN:
- ESTETIS : sebuah rancangan harus memiliki unsur estetis atau keindahan.
- FUNGSIONAL : sebuah karya harus dapat dipergunakan pada kesempatan yang tepat serta sesuai berdasarkan kebutuhan lingkungan masyarakat yang memakainya.
- FLEKSIBEL : mudah dinikmati oleh masyarakat manapun atau dalam kesempatan apapun.
- REALIZED : dapat direalisasikan / dibuat. Dalam hal ini juga dipikirkan masalah kemudahan pembuatan, dan tehnis pembuatannya.
- EKONOMI
: dibuat dengan menyesuaikan keadaan ekonomi masyarakat yang
menggunakannya atau sesuai dengan kondisi pasar. Untuk ini disain dapat
dibagi dua yaitu :
- Desain EXCLUSIVE : mengikuti selera dari konsumen tertentu, walaupun harga jual tinggi mereka akan tetap membeli produk yang dibuat.
- Desain MASAL / MASS PRODUCTION : sering disebut sebagai REPEAT DESIGN, produk yang dibuat berulang-ulang karena permintaan pasar dan dengan harga jual yang relatif murah.
Untuk mengatasi masalah yang timbul dari perpaduan 6 unsur di atas tadi, maka kita harus melakukan feedback (umpan balik) dengan memperhatikan antara lain :
- SELERA KONSUMEN : kelompok INDIVIDUAL yang merupakan kelompok minoritas dalam masyarakat. Dan kelompok MAYORITAS, kelompok masyarakat kelas menengah yang jumlahnya cukup besar (selera yang mengikuti trend masa kini).
- GAYA HIDUP : dapat dilihat dari kondisi sosial mapun kondisi geografisnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar